Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi LSQ (Learning Start With A Question Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V MI Padangsidimpuan Batunadua

Nasution, Nurkhofifah (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi LSQ (Learning Start With A Question Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V MI Padangsidimpuan Batunadua. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER AFIFAH.pdf

Download (964kB)
[img] Text
BAB I_Nurkhofifah Nasution.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB II_Nurkhofifah Nasution.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
BAB III_Nurkhofifah Nasution.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB IV_Nurkhofifah Nasution.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB V_Nurkhofifah Nasution.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Nurkhofifah Nasution.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question pada pembelajaran matematika di kelas V MI Padangsidimpuan Batunadua, (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question pada pembelajaran matematika di kelas V MI Padangsidimpuan Batunadua, (3) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Learning Start With A Question pada pembelajaran matematika di kelas V MI Padangsidimpuan Batunadua. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sesuai dengan jenis penelitian, makapenelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian berupa siklus. Siklus penelitian ini dilakukansebanyak 2 siklus, siklus I dilakukan 3 kali pertemuan dan siklus II dilakukan 1 kalipertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Teknik analisis data dari penelitian dilakukan dengan cara menghitung ketuntasan hasilbelajar matematika melalui tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Learning Start a Qestion (LSQ) belum mencapai ketuntasan.Hal ini menunjukkan pada hasil tes awal yang diberikan kepada 22 orang siswa hanya terdapat 7 orang siswa (31,80 %) yang tuntas belajar dan 15 orang siswa (68,2 %) yang tidaktuntas belajar. Setelah diterapkan model pembelajaran Learning Start a Qestion (LSQ), mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh 13 orang siswa (59,09 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 9 orang siswa (42,90 %) yang tidak tuntas belajar. Padasiklus II diperoleh 19 orang siswa (86,36 %) yang telah mencapai ketuntasan dan 3 orangsiswa (13,36 %) yang tidak tuntas belajar. Berdasarkan observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I kategori “baik” dan pada siklus II meningkat menjadi “sangat baik”. Sedangkan respon siswa belajar siswa pada siklus I kategori “baik” dan pada siklus II kategori “sangat baik”. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Start a Qestion (LSQ) pada materi kubus dan balok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas V MI Padangsidimpuan Batunadua.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Learning Start A Question (LSQ), Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Feb 2023 09:15
Last Modified: 07 Feb 2023 09:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17340

Actions (login required)

View Item View Item