Pengembangan Media Pembelajaran Hologram Tiga Dimensi Pada Materi Tata Surya Di Kelas V SD

Nubla, Ziahdatun (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Hologram Tiga Dimensi Pada Materi Tata Surya Di Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_ZIAHDATUN NUBLA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I_ZIAHDATUN NUBLA.pdf

Download (857kB)
[img] Text
BAB II_ZIAHDTUN NUBLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III_ZIAHDATUN NUBLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_ZIAHDATUN NUBLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ZIAHDATUN NUBLA.pdf

Download (514kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_ZIAHDATUN NUBLA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilaksanakan berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Hologram Tiga Dimensi Pada Materi Tata Surya di Kelas V SD” yang dilatarbelakangi bahwa media pembelajaran di kelas V cukup memprihatinkan. Khususnya pada materi Tata Surya dan guru kelas hanya menggunakan buku dan metode ceramah untuk menyampaikan materi membuat siswa sulit untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Metodelogi penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Kutapanjang yaitu VA dan VB dengan jumlah siswa 44 orang, dan sampel pada penelitian adalah kelas VA dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengembangan media pembelajaran pada materi Tata Surya siswa memperoleh hasil penilaian tujuan pengembangan media pembelajaran hologram tiga dimensi memperoleh persentase rata-rata 98,77%, penilaian fungsi pengembangan media pembelajaran 95,00%, dan penilaian tampilan dan sasaran rata-rata 97,25% dengan kriteria keseluruhan sangat bagus. Berdasarkan pada temuan penelitian diatas maka pengembangan media pembelajaran akan terfokus pada peserta didik dan layak untuk dikembangakan oleh guru sebagai solusi alternatif pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran pada saat proses belajar mengajar dan membuat kelas menjadi aktif pada saat menyampaikan materi Tata Surya di kelas V SD.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Hologram tiga Dimensi, Tata Surya, Kelas V SD
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:42
Last Modified: 26 Jan 2023 04:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17016

Actions (login required)

View Item View Item