Munthe, Rahmad Nur (2022) Manajemen Fundraising Dalam Meningkatkan Kepercayaan Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER Rahmad.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I Rahmad.pdf Download (646kB) |
|
Text
BAB II Rahmad.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III Rahmad.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV Rahmad.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V Rahmad.pdf Download (246kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Rahmad.pdf Download (1MB) |
Abstract
Peneltian ini untuk mengetahui manajemen fundraising dalam meningkatkan kepercayaan muzakki pada Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara, yang bertujuan untuk mengetahui program-program Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara, manajemen fundarising yang diterapkan Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara dalam menigkatkan kepercayaan muzakki dan faktor pendukung dan penghambat Dompet Dhuafa dalam meningkatkan kepercayaan muzakki. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan tekhnik analisisnya adalah deskriptif kualitatif, dengan menjabarkan secara sistematis hasil wawancara dan pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, program-program Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara terdapat 4 pilar, yaitu pilar ekonomi dan pemberdayaan, pilar pendidikan, pilar sosial dan dakwah, serta pilar kesehatan. Kedua, manajemen yang diterapkan Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara dalam meningkatkan kepercayaan muzakki adalah, dari segi pelaksanaan dilakukan dengan komunikasi, pelayanan dan metode langsung (direct fundraising) serta metode tidak langsung (indirect fundraising). Sedangkan dari segi evaluasi yang diterapkan Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara meliputi evaluasi mingguan, bulanan, per semester dan tahunan. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kepercayaan muzakki yaitu faktor pendukung seperti, tersebarnya informasi Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa, mempunyai program unggulan dan banyaknya mitra komunitas. Sedangkan faktor penghambat seperti, kurangnya komunikasi promosi, pemahaman tentang zakat masih rendah, dan muzakki memiliki penyaluran zakat sendiri.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Fundraising, Kepercayaan, Dompet Dhuafa. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 04:46 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 04:46 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17015 |
Actions (login required)
View Item |