Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Pesrta Didik pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV MIS Aisyiyah Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Isnaini, Fadhillah (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Pesrta Didik pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV MIS Aisyiyah Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER FADHILLAH PGMI 4.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB I FADHILLAH PGMI 4.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II FADHILLAH PGMI 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB III FADHILLAH PGMI 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
BAB IV FADHILLAH PGMI 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB V FADHILLAH PGMI 4.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DATAR PUSTAKA FADHILLAH PGMI 4.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan memiliki judul “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIS „Aisyiyah Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang”. Dilakukannya penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas IV dan proses pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan medel konvensional yang pembelajarannya hanya berpusat pada guru. Padahal, dalam kurikulum 2013 peserta didik diharapkan untuk lebih kreatif, inovatif dan produktif dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan model penelitian Quai Eksperimen (Eksperimen Semu). Dalam penelitian ini populasinya ialah seluruh peserta didik kelas IV MIS „Aisyiyah Bandar Khalipah, sedangkan sampelnya adalah 25 peserta didik kelas IV MIS „Aisyiyah Bandar Khalipah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji noemalitas, uji homogenitas, uji regresi dan uji compare means menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model Problem Basel Learning (PBL) tidak pernah digunakan di kelas IV MIS „Aisyiyah Bandar Khalipah, guru hanya menggunakan model Konvensional saat pembelajaran. Setelah melakukan penelitian dan menerapkan PBL didapati hasil bahwa model PBL dapat diterapkan dan diterima dengan baik oleh peserta didik. Proses pembelajaran berjalan dengan aktif dan efisien, (2) Motivasi belajar peserta didik di MIS „Aisyiyah Bandar Khalipah meningkat, hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata pengisian angket motivasi belajar kelas eksperimen (96, 31) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (62, 67). (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis data menggunakan perhitungan statistik didapatkan hasil nilai signifikasi 0,000 yang mana 0,000 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka Model Problem Based Learning layak digunakan oleh guru sebagai solusi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran IPS.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:19
Last Modified: 26 Jan 2023 04:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17004

Actions (login required)

View Item View Item