Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA

Lubis, Rizka Riswani (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) melibatkan proses intelektual dan kognitif dengan berpikir tingkat tinggi seperti menganalisis, mengkritik dan mencapai kesimpulan untuk mendukung pembelajaran dapat digunakan dengan menggunakan LKPD yang mendukung proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah LKPD berbasis PBL pada materi sistem ekskresi layak, praktis dan efektif dalam proses pembelajaran. penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) dengan model 4D (Define, Design, Developmet, Dessiminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar validasi untuk ahli isi, ahli konstruksi, angket untuk respon guru biologi dan respon peserta didik serta tes yang dilakukan secara pretest-postest untuk melihat keefektifan LKPD berbasis PBL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL yang telah dikembangkan mendapatkan persentase 100% (validasi isi) dengan kriteria sangat valid, 75% (validasi konstruk), dengan kriteria valid, serta 98% (respon guru biologi) dan 81,5% (respon peserta didik) dengan kriteria sangat praktis. LKPD juga dinyatakan efektif dilihat dari ketercapaian hasil N-Gain dengan mendapatkan skor rata-rata sebesar 0,702 dengan kategori tinggi. Berdasarkan penjabaran hasil diatas dinyatakan bahwa LKPD berbasis PBL yang telah dikembangkan layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. LKPD yang dikembangkan dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan guru dapat menggunakan LKPD sebagai bahan ajar didalam kelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Jan 2023 09:08
Last Modified: 24 Jan 2023 09:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16951

Actions (login required)

View Item View Item