Analisis Model Pembelajaran Self Organised Learning Environment (Sole) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Smp Swasta Bina Siswa Medan

Siregar, Siti Aisah (2022) Analisis Model Pembelajaran Self Organised Learning Environment (Sole) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Smp Swasta Bina Siswa Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI SITI AISAH SIREGAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI SITI AISAH SIREGAR.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI SITI AISAH SIREGAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI SITI AISAH SIREGAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI SITI AISAH SIREGAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI SITI AISAH SIREGAR.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI SITI AISAH SIREGAR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ” Analisis Model Pembelajaran Self Organised Learning Environment (SOLE) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Bina Siswa Medan ” yang dilatar belakangi dengan model pembelajaran SOLE untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Self Organised Learning Environment (SOLE). Teknik pengumpulan data dengan menggunkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) yang menggunakan model pembelajaran Self Organised Learning Environment (SOLE) dan peserta didik kelas VIII tahun 2022. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat Disimpulkan bahwa semua peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Self Organised Learning Environment (SOLE). peserta didik dapat merespon dengan baik proses pembelajaran yang diajarkan oleh guru. peserta didik begitu aktif dalam kerja kelompok, aktif dalam menjawab pertanyaan guru, dan percaya diri dalam menuangkan hasil temuan dari kerja kelompok peserta didik, yang mana kerja kelompok peserta didik bebas menggunakan internet seperti HP untuk memudahkan peserta didik memahami maupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SOLE dapat membuat peserta didik mampu berpikir kritis, pengerjaan tugas lebih cepat tanggap dan paham, dan penguasaan materi lebih mendalam dan luas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Self Organised Learning Environment (SOLE), Berpikir Kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:18
Last Modified: 10 Jan 2023 08:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16899

Actions (login required)

View Item View Item