Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Yayasan Hutapungkut Mandailing Natal

Rangkuti, Dahliana (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Yayasan Hutapungkut Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_Dahliana Rangkuti.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I_Dahliana Rangkuti.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II - DIAH DWI UTARI - FKM.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB III_Dahliana Rangkuti.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV_Dahliana Rangkuti (1).pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB V_Dahliana Rangkuti.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Dahliana Rangkutii.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu (quasi eksperimental design). Populasinya adalah siswa kelas VII di MTs Yayasan Hutapungkut tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 76 siswa. Kelas VIIB berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen, dan VIID berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk tes uraian dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian, diperoleh uji normalitas kelas eksperimen pre-test Lhitung = 0,167 dan post-test Lhitung = 0,165. Kelas eksperimen angket motivasi awal Lhitung = 0,156, dan angket motivasi akhir Lhitung = 0,062. Kelas kontrol pre-test Lhitung = 0,168 dan post-test Lhitung = 0,158. Kelas kontrol angket motivasi awal Lhitung = 0,113, dan angket motivasi akhir Lhitung = 0,074. Berdasarkan Ltabel = 0,184 data dari kelas eksperimen dan Ltabel = 0,192 data dari kelas kontrol tersebut dinyatakan berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel. Uji homogenitas diperoleh nilai pre-test Fhitung = 1,182, dan post-test Fhitung = 1,160. Hasil angket motivasi awal Fhitung = 1,488 dan hasil angket motivasi akhir Fhitung = 1,718. Berdasarkan Ftabel = 2,144 diperoleh Fhitung < Ftabel, sehingga kedua sampel homogen. Uji hipotesis Uji-t, untuk hipotesis pertama diperoleh thitung > ttabel dengan 8,510 > 2,086 menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis kedua diperoleh thitung > ttabel dengan 12,971 > 2,086 menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SSCS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:23
Last Modified: 10 Jan 2023 03:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16894

Actions (login required)

View Item View Item