Pengaruh Komunikasi Sekolah dengan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Tematik pada Kelas III MI

Afifah, Safira (2022) Pengaruh Komunikasi Sekolah dengan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Tematik pada Kelas III MI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover safira a.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB I safira a.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II safira a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB III safira a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV safira a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB V safira a.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Daftar Pustaka safira a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Komunikasi Sekolah dengan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Tematik pada Kelas III MI” yang dilatarbelakangi bahwa hasil belajar peserta didik dikelas III MI pada mata pelajaran Tematik masih sangat kurang, masih banyak siswa yang hasil belajarnya minim hal ini dapat dilihat dari nilai siswa rata-rata mendapat standar dibawah KKM. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh komunikasi sekolah dengan orangtua terhadap hasil belajar tematik kelas III yang dilakukan di MIN 3 Simalungun. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui komunikasi yang dilakukan oleh sekolah kepada orangtua. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbasis quasi eksperiment menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperiment dengan jumlah siswa 25 orang siswa di masing-masing kelas. Pada penelitian ini menggunakan soal dengan jumlah 20 soal. Analisis data yang digunakan berupa, validitas, reabilitas, daya pembeda, kesukaran, normalitas, homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan penerapan komunikasi sekolah dengan orang tua, nilai rata-rata dari hasil belajar siswa yaitu 83,00. Sedangkan yang menggunakan model pembelajaran konvensioanal adalah 69,20. Berdasarkan pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan uji statistik hasil belajar siswa, hasil uji paired sample t test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, Maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh komunikasi sekolah dengan orang tua terhadap hasil belajar tematik pada kelas III MIN 3 Simalungun.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Jan 2023 05:28
Last Modified: 02 Jan 2023 05:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16784

Actions (login required)

View Item View Item