Balqis, Aulia Fahma (2022) Penerapan Pendidikan Karakter Kedisiplinan Berbasis Budaya Sekolah di SD.IT Daarul Istiqlal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
ABSTRAK.pdf Download (501kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (49kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) Penerapan pendidikan karakter kedisiplinan berbasis budaya sekolah di SD.IT Daarul Istiqlal, (2) Faktor pendorong dan penghambat penerapan pendidikan karakter kedisiplinan berbasisbudaya sekolah di SD.IT Daarul Istiqlal, (3) Budaya sekolah yang diterapkan di SD.IT Daarul Istiqlal dapat membentuk karakter kedisiplinan siswa. Penelitian ini mengaplikasikan metode kualitatif deskriptif. Partisipan riset ini berasal dari kepala sekolah, guru, siswa SD.IT Daarul Istiqlal. Proses pemerolehan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi langsung, serta dokumentasi. Teknik analisis yang dipakai dalam riset ini antara lain reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu uji triangulasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini: (1) Penerapan pendidikan karakter kedisiplinan berbasis budaya sekolah di SD.IT Daarul Istiqlal sudah berjalan dengan baik sudah sesuai dengan rancangan budaya sekolah yang disetujui kepala sekolah melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, dan kegiatan esktrakurikuler. (2) Faktor pendukung adanya kerjasama yang baik antara warga sekolah dengan orang tua. Faktor penghambat adalah faktor dari kesadaran dalam diri, pengaruh lingkungan keluarga dan kemajuan teknologi. (3)Budaya sekolah yang diterapkan terwujud melalui visi, misi dan tata tertib sekolah. Budaya sekolah di SD.IT Daarul Istiqlal dalam membentuk karakter kedisiplinan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 08:31 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 08:31 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16712 |
Actions (login required)
View Item |