Tanjung, Rafikoh Husna (2022) Analisis Aspek Kognitif Soal Evaluasi pada Buku Teks Matematika Peminatan Kelas XI Penerbit Yudhistira Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
RAFIKOH HUSNAH TANJUNG COVER.pdf Download (767kB) |
|
Text
RAFIKOH HUSNAH TANJUNG BAB I.pdf Download (463kB) |
|
Text
RAFIKOH HUSNAH TANJUNG BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
RAFIKOH HUSNAH TANJUNG BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
Text
RAFIKOH HUSNAH TANJUNG BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (925kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (257kB) |
|
Text
RAFIKOH HUSNAH TANJUNG DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Aspek Kognitif Soal Evaluasi pada Buku Teks Matematika Peminatan Kelas XI Penerbit Yudhistira Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan dan mendeskripsikan persentase sebaran aspek kognitif butir soal evaluasi yang terdapat pada buku teks matematika peminatan kelas XI yang ditinjau berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Analisis isi dilakukan pada sumber primer yakni buku terbitan Yudhistira tahun 2017 “Jelajah Matematika” SMA kelas XI Peminatan MIPA berdasarkan kurikulum 2013 edisi 2016 dan sumber sekunder buku revisi taksonomi Bloom karya Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl yang berjudul “A Taxonomy For Learning, Teaching And Assessing; A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectives”. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan melakukan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis yang dilakukan yaitu 5,75% tingkatan kognitif C1, 4,60% tingkatan kognitif C2, 77,01% tingkatan kognitif C3, 6,90% tingkatan kognitif C4, 1,15% tingkatan kognitif C5 dan 3,45% tingkatan kognitif C6. Pada analisis yang dilakukan terdapat 1 soal yang tidak dapat dianalisis tingkat kognitifnya. Soal evaluasi pada buku ini didominasi oleh soal dengan tingkatan C3 (Mengaplikasikan). Kurangnya soal yang memiliki tingkatan C5- C6, disarankan bagi penyusun buku untuk menambahkan tingkatan ini ke dalam buku yang akan digunakan dalam pembelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspek Kognitif, Soal Evaluasi, Taksonomi Bloom Revisi. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 08:24 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 08:24 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16711 |
Actions (login required)
View Item |