Analisis Aspek Kognitif Soal Evaluasi pada Buku Teks Matematika Peminatan Kelas XI Penerbit Yudhistira Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Tanjung, Rafikoh Husna (2022) Analisis Aspek Kognitif Soal Evaluasi pada Buku Teks Matematika Peminatan Kelas XI Penerbit Yudhistira Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
RAFIKOH HUSNAH TANJUNG COVER.pdf

Download (767kB)
[img] Text
RAFIKOH HUSNAH TANJUNG BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
RAFIKOH HUSNAH TANJUNG BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RAFIKOH HUSNAH TANJUNG BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
RAFIKOH HUSNAH TANJUNG BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Text
RAFIKOH HUSNAH TANJUNG DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Aspek Kognitif Soal Evaluasi pada Buku Teks Matematika Peminatan Kelas XI Penerbit Yudhistira Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan dan mendeskripsikan persentase sebaran aspek kognitif butir soal evaluasi yang terdapat pada buku teks matematika peminatan kelas XI yang ditinjau berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Analisis isi dilakukan pada sumber primer yakni buku terbitan Yudhistira tahun 2017 “Jelajah Matematika” SMA kelas XI Peminatan MIPA berdasarkan kurikulum 2013 edisi 2016 dan sumber sekunder buku revisi taksonomi Bloom karya Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl yang berjudul “A Taxonomy For Learning, Teaching And Assessing; A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectives”. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan melakukan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis yang dilakukan yaitu 5,75% tingkatan kognitif C1, 4,60% tingkatan kognitif C2, 77,01% tingkatan kognitif C3, 6,90% tingkatan kognitif C4, 1,15% tingkatan kognitif C5 dan 3,45% tingkatan kognitif C6. Pada analisis yang dilakukan terdapat 1 soal yang tidak dapat dianalisis tingkat kognitifnya. Soal evaluasi pada buku ini didominasi oleh soal dengan tingkatan C3 (Mengaplikasikan). Kurangnya soal yang memiliki tingkatan C5- C6, disarankan bagi penyusun buku untuk menambahkan tingkatan ini ke dalam buku yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Kognitif, Soal Evaluasi, Taksonomi Bloom Revisi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Dec 2022 08:24
Last Modified: 22 Dec 2022 08:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16711

Actions (login required)

View Item View Item