Pola Interaksi Guru PAI dengan Peserta Didik dalam Membentuk Kepribadian Muslim pada Kelas X Di SMA Negeri 1 Merbau Kec. Merbau Kab. Labuhanbatu Utara

Hamimi, Dira (2022) Pola Interaksi Guru PAI dengan Peserta Didik dalam Membentuk Kepribadian Muslim pada Kelas X Di SMA Negeri 1 Merbau Kec. Merbau Kab. Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DIRA HAMIMI.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB I DIRA HAMIMI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II DIRA HAMIMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img] Text
BAB III DIRA HAMIMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB IV DIRA HAMIMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
BAB V DIRA HAMIMI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DIRA HAMIMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dengan judul “Pola Interaksi Guru PAI dengan Peserta Didik dalam Membentuk Kepribadian Muslim pada Kelas X di SMA Negeri 1 Merbau Kec. Merbau Kab.Labuhanbatu Utara” dilatarbelakangi karena terdapat beberapa guru menganggap bahwa untuk membentuk sikap spiritual siswa guru agama sajalah yang berkewajiban membentukya, tidak hanya itu siswa-siswi yang memilki kepribadian buruk di sekolahnya kurang mendapat perhatian dan didikan dari orang tuanya, peneliti juga melihat banyak siswa yang kepribadiannya kurang mencerminkan seorang muslim. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Lalu peneliti melakukan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data pertama dengan teknik kepercayaan melalui triangulasi data, mengkomunikasikan masalah dalam penelitian kepada teman, pengamatan, dan member check, kedua teknik keteralihan dan teknik ketergantungan. Adapun hasil penelitian yang telah penulis laksanakan di SMA Negeri 1 Merbau menunjukkan bahwa: (1) pola interaksi yang dilakukan guru SMA Negeri Merbau terkhusus pada siswa kelas X itu menggunakan pola interaksi dua arah, (2) penerapan pola interaksi dua arah ini dilakukan guru PAI dengan untuk membentuk kepribadian muslim terbagi dua yaitu saat pembelajaran, diluar pembelajaran lalu diterapkan dengan menggunakan metode pembiasaan, (3) hambatannya adalah minimnya keberanian pada diri siswa, latar belakang siswa tersebut yang disebabkan oleh lingkungan, dan karakter yang ada pada siswa. Berdasarkan penelitian di atas maka pola interkasi yang digunakan adalah dua arah yang diterapkan guru saat jam pembelajaran dan di luar jam pembelajaran dengan metode pembiasaan untuk membentuk kepribadian muslim siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola interaksi guru, peserta didik, kepribadian muslim
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Dec 2022 05:41
Last Modified: 21 Dec 2022 05:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16666

Actions (login required)

View Item View Item