Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Minoritas Muslim di SDN 030356 Tanjung Beringin

Sinuraya, Delfi Lestari (2022) Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Minoritas Muslim di SDN 030356 Tanjung Beringin. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
DELFI LESTARI SINURAYA_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DELFI LESTARI SINURAYA_BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DELFI LESTARI SINURAYA_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
DELFI LESTARI SINURAYA_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
DELFI LESTARI SINURAYA_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
DELFI LESTARI SINURAYA_BAB V.pdf

Download (22kB)
[img] Text
DELFI LESTARI SINURAYA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 030356 Desa Tanjung Beringin, (2) menganalisis problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 030356 Desa Tanjung Beringin, (3) menganalisis solusi dari problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 030356 Desa Tanjung Beringin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang sudah dikumpulkan diproses melalui reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini ialah guru bidang studi Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa yang beragama Islam. Berdasarkan penelitian ini terdapat beberapa kesimpulan yakni: (1) tujuan pembelajaran belum tercapai sehingga berdampak terhadap kurangnya pemahaman peserta didik, (2) Terdapat beberapa problematika yang terjadi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 030356 Tanjung Beringin yakni problematika sarana dan prasarana yang meiliputi ruangan yang terbatas. Problematika yang terdapat pada pendidik yang meliputi kurangnya kompetensi pendidik, jumlah peserta didik yang sedikit serta kurangnya pemahaman peserta didik. Problematika peserta didik yang meliputi kurangnya dukungan orang tua terhadap pembelajaran agama di rumah serta kurangnya pemahaman peserta didik. (2) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 030356 Tanjung Beringin ialah mematuhi perpindahan ruang yang sering terjadi dan berusaha mengoptimalkan pembelajaran, berupaya untuk membangun suasana belajar yang menyenangkan, mengupayakan kenyamanan belajar peserta didik walau tidak ada satu ruang khusus, memberikan motivasi berupa dorongan dan reward ketika peserta didik mengerjakan tugas dengan baik sehingga murid bisa percaya diri dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, guru berupaya menjelaskan semudah dan sedetail mungkin agar peserta didik lebih mudah memahami, guru memberikan ganjaran berupa tidak boleh mengikuti pelajaran untuk sementara waktu jika peserta didik tidak menyetor hafalan, menghimbau orang tua untuk mengawasi dan mendukung pembelajaran anak dirumah dan memerintahkan untuk mengikuti kegiatan mengaji, guru menghimbau peserta didik untuk mengikuti kegiatan mengaji dan bekerjasama dengan penyuluh untuk mendata peserta didik yang tidak menghadiri kegiatan tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:36
Last Modified: 20 Dec 2022 07:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16655

Actions (login required)

View Item View Item