Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V Sds Islam Setia Nurul Azmi Melalui Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemi

Wahyuni, Dwi Esti (2022) Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V Sds Islam Setia Nurul Azmi Melalui Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDS Islam Setia Nurul Azmi Melalui Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi” yang dilatarbelakangi dari karakter disiplin siswa yang menurun pada pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) peran guru dalam membentuk karakter disiplin siswa SDS Islam Setia Nurul Azmi Melalui Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi, 2) metode yang digunakan guru dalam membentuk karakter disiplin siswa SDS Islam Setia Nurul Azmi Melalui Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi, dan 3) faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam membentuk karakter disiplin siswa SDS Islam Setia Nurul Azmi Melalui Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif Miles dan Hubermen yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan pengmbilan kesimpulan. Dari penelitian tersebut dihasilkan temuan sebagai berikut: 1) peran guru di SDS Islam Setia Nurul Azmi dalam membentuk karakter disiplin siswa sudah dilakukan dengan komunikator, inspirator, motivator, pengelola kelas, serta evaluator dengan baik, 2) metode yang digunakan guru SDS Islam Setia Nurul Azmi dalam membentuk karakter disiplin siswa menerapkan metode keteladanan dan memberi motivasi yang sudah dilakukan semaksimal mungkin, dan 3) Faktor pendukung berupa: program kegiatan sekolah yang mendukung, kerjasama antar warga sekolah yang baik, kerjasama antar guru dan orang tua yang baik dalam perkembangan siswa, motivasi guru. Faktor penghambat berupa: kerjasama orang tua yang kurang baik, pengaruh pergaulan dari teman-temannya yang kurang disiplin, waktu yang terbatas dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:07
Last Modified: 20 Dec 2022 07:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16652

Actions (login required)

View Item View Item