Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pokok Integral Kelas XI Di Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung T.P 2021-2022

Indah, Windi Rezeki (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pokok Integral Kelas XI Di Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung T.P 2021-2022. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (945kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis contextual teaching learning. Materi ajar yang disajikan peneliti adalah integral untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Subjek dalam penelitian ialah peserta didik kelas XI IPA 2 Di Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung. Prosedur Pengembangan modul pembelajaran matematika dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D yakni Tahap pendefinisian (define), Tahap perancangan (design), Tahap pengembangan (develop) dan Tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi untuk menghitung kelayakan modul pembelajaran, lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran guru dan siswa untuk menghitung kepraktisan dan tes hasil hasil belajar mengukur keefektifan modul pembelajaran. Modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan skor rata-rata validasi modul 4,6 kategori sangat baik. Memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian guru 4,6 kategori sangat baik dan respon siswa 4,55 kategori sangat baik. Memenuhi kriteria efektif berdasarkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 80% dimana 28 dari 35 orang peserta didik tuntas dan berdasarkan Uji N-Gain dengan hasil signifikan 0,82 menunjukan kategori 0,70 < g > 1,00 tergolong sangat tinggi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:16
Last Modified: 19 Dec 2022 04:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16639

Actions (login required)

View Item View Item