Pratiwi, Widya Ika (2021) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas III MIS Mutiara Sei Mencirim Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER WIDYA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (496kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (929kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (218kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA WIDYA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika operasi hitung perkalian, faktor penyebab kesulitan belajar matematika serta solusi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III MIS Mutiara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 23 siswa dan guru sebagai informan. Teknik pengambilan data yaitu dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis induktif, dengan model Miles and Hubermen yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.Hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: (a) kesulitan belajar operasi hitung meliputi kesulitan dalam memahami konsep perkalian, kesulitan dalam menentukan nilai tempat, kesulitan dalam memahami simbol dan lambang perkalian, Keterampilan dalam berhitung, serta kesulitan dalam penggunaan rumus dan proses pengerjaannya. (b) faktor kesulitan belajar terdiri dari , faktor internal meliputi kognitif siswa, minat dan perhatian siswa, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan sekolah yaitu guru dan teman sebaya, dan faktor lingkungan keluarga yang meliputi latar belakang orangtua, ekonomi keluarga, serta perhatian orangtua. (c) solusi kesulitan belajar yaitu meningkatkan pemahaman konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan alat peraga atau benda yang konkret, menggunakan metode garis, penggunaan media pembelajaran; meningkatkan keterampilan hapalan siswa dengan metode hapalan berulang; serta melakukan penilaian diagnostik dan pemberian remedial.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan belajar, Matematika, Operasi Hitung Perkalian |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 04:54 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 04:54 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16504 |
Actions (login required)
View Item |