Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Abjad Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TKN Satap SDN 01 Panai Hulu

Hsb, Emma Azdiahudaya (2022) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Abjad Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TKN Satap SDN 01 Panai Hulu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER EMMA AZDIAHUDAYA HSB .pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB 1 EMMA AZDIAHUDAYA HSB.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB 2 EMMA AZDIAHUDAYA HSB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB 3 EMMA AZDIAHUDAYA HSB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB 4 EMMA AZDIAHUDAYA HSB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 EMMA AZDIAHUDAYA HSB.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum meningkatnya kemampuan mengenal huruf anak dikarenakan masih terdapat anak usia dini di TKN satap SDN 01 Panai Hulu yang belum mampu mengenal huruf abjad, kurangnya alat bantu atau media dalam pengenalan huruf-huruf abjad, serta proses pembelajaran masih kurang menarik hanya terfokus kepada guru. Rumusan masalah dari penelitian ini : (1) Bagaimana kemampuan mengenal huruf sebelum menggunakan media kartu abjad pada anak usia dini 5-6 tahun (2) Bagaimana proses menggunakan media kartu abjad pada anak usia dini 5-6 tahun (3) Bagaimana kemampuan mengenal huruf setelah menggunakan media kartu abjad pada anak usia dini 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kemampuan mengenal huruf sebelum menggunakan media kartu abjad pada anak usia 5-6 tahun (2) untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan media kartu abjad pada anak usia dini (3) untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan mengenal huruf setelah menggunakan media kartu abjad pada anak usia dini 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TKN satap SDN 01 Panai Hulu pada tanggal 21 Maret sampai 30, dengan jumlah anak yang diteliti 20 orang anak. Penelitian diawali dengan melaksanakan prasiklus selanjutnya siklus I dan siklus II, pada siklus I dilakukan 3 kali pertemuan, pada siklus II dilakukan II pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf anak yang diperoleh dari pra tindakan sampai pada siklus II, pada pra tindakan mendapati nilai rata-rata 74 dan rata-rata presentase 46,56%, pada siklus I mendapati nilai rata-rata 10,05 dan rata-rata presentase 72,925 mendapti peningkatan yang pesat pada sikus II nilai rata-rata 13,75% dan rata-rata presentase 85,93%

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Huruf, Media Kartu Abjad
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:26
Last Modified: 05 Dec 2022 08:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16462

Actions (login required)

View Item View Item