Peran Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi SMA Swasta Nurul Islam Indonesia Baru Medan

Rambe, Nurmarito (2022) Peran Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi SMA Swasta Nurul Islam Indonesia Baru Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran dari tenaga kependidikan yang dapat menjalankan tugas masing- masing sangatlah penting, dengan pengimplementasikan tugas dengan baik maka dapat meningkatkan mutu layanan administrasi di SMA Swasta Nurul Islam Indonesia Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui terkait peranan tenaga kependidikan staf serta implementasi dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di SMA Swasta Nurul Islam Indonesia Baru Medan. Informan penelitian ini menggunakan staf pegawai seperti Tata Usaha, Perpustakaan, Operator sekolah. Metodologi yang digunakan oleh peneliti pada penelitian yaitu menggunakan pendekatan Naturalistik Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Peran tenaga kependidikan di SMA Swasta Nurul Islam Indonesia Baru Medan sudah mengimplementasikan sesuai dengan kedudukan dan tugas dan tanggung jawab dengan baik, dan terbukti bahwa tenaga kependidikan saling bekerja satu sama lain agar layanan disekolah dapat bertahan dan meningkat 2) Keterlibatan peran pimpinan dalam memfasilitasi tenaga kependidikan dalam proses layanan administrasi belum dikatakan dengan baik, karena kurangnya pembinaan dan pelatihan sehingga salah satu tenaga kependidikan mengalami kendala, walaupun dengan begitu pihak sekolah tetap memenuhi apa yang dibutuhkan oleh staf dan didukung oleh pihak yayasan seperti fasilitas yang digunakan, dan arahan atau motivasi yang diberikan oleh kepala sekolah 3) hambatan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi terdapat pada kurangnya diadakan pelatihan dan pembinaan oleh pihak pimpinan sehingga operator mengalami kendala disaat penginputan data- data siswa, dalam penyelesaian solusi ini maka pihak operator mengambil kebijakan dengan mempelajari sistem dapodik dengan otodidak. Dan tidak hanya tenaga kependidikan, tetapi beberapa tenaga pendidik mengalami kendala dalam penginputan soal karena kurang pelatihanan pembinaan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kependidikan, Mutu Layanan Administrasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:54
Last Modified: 23 Nov 2022 03:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16358

Actions (login required)

View Item View Item