Pengaruh Pengelolaan Kelas Belajar Homogen Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Ad-Durrah Kecamatan Medan Marelan Kota Medan

Ananda, Tasya (2022) Pengaruh Pengelolaan Kelas Belajar Homogen Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Ad-Durrah Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (839kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 5.pdf

Download (81kB)
[img] Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Pengelolaan Kelas Belajar Homogen Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Kecamatan Medan Marelan Kota Medan”, yang dilatar belakangi bahwa Motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa akan mempengaruhi minat, kesiapan, perhatian, ketekunan, keuletan, kemandirian, dan prestasi siswa. Motivasi belajar bisa berasal dari dalam maupun luar diri siswa. Motivasi belajar yang berasal dari dalam diri siswa tumbuh karena adanya semangat untuk meraih prestasi tertinggi yang didasari oleh kesadaran yang tumbuh dari dalam diri siswa. Sedangkan, motivasi belajar siswa yang berasal dari luar diri siswa biasanya muncul akibat terdapat rangsangan-rangsangan belajar yang berasal dari luar seperti suasana kelas pembelajaran yang menggairahkan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Motivasi Belajar Peserta Didik. Sedangkan variabel bebasnya adalah Pengelolaan Kelas Belajar Homogen. Populasi pada penelitian ini adalah berjumlah 460 peserta didik di SMP Islam terpadu Ad-Durrah Medan Marelan. Sampel berjumlah 46 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket kuesioner. Analisis data menggunakan SPSS Statistic 28.0 dengan deskriptif dan regresi linear sederhana.Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi pada Pengelolaan Kelas belajar homogen terhadap motivasi belajar peserta didik yang tinggi, dengan pembuktian nilai uji thitung > ttabel (4.530 > 2.907), dan diketahui nilai sig. sebesar (0.0.83 > 0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu, maknanya adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara variabel Pengelolaan kelas belajar homogen (X) terhadap variabel motivasi belajar peserta didik (Y) di SMP Islam Terpadu Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Adapun besarnya pengaruh Pengelolaan kelas belajar homogen terhadap motivasi belajar peserta didik adalah diperoleh nilai koefisien determinasi pada penelitian ini yaitu R square sebesar 0,067. Hal ini berarti bahwa variabel Pengelolaan kelas belajar homogen (X) berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik (Y) di SMP Islam Terpadu Kecamatan Medan Marelan Kota Medan sebesar 6.7%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Kelas Belajar Homogen, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:39
Last Modified: 21 Nov 2022 07:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16335

Actions (login required)

View Item View Item