Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Berpikir Kreatif Siswa

Pohan, Lisa Rahmadani (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas XI IPA pada materi Program Linear di MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2021/2022; 2) Pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA pada materi Program Linear di MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen. Populasinya adalah peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Model Medan yang terdaftar pada semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka diperoleh: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan representasi matematis. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 4,448 > ttabel = 1,995; 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 2,760 > ttabel = 1,995.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mathematical Representation Ability, Creative Thinking Ability, Process Oriented Guided Inquiry Learning Model
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Nov 2022 05:49
Last Modified: 21 Nov 2022 05:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16331

Actions (login required)

View Item View Item