Metode Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara

Aliya, Diana (2021) Metode Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img] Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Lembaga Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara dengan fokus penelitian: (1) perencanaan metode pembelajaran; (2) penerapan metode pembelajaran oleh tenaga pendidik ketika proses pembelajaran; (3) kelebihan dan kekurangan pada metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pada pendekatan fenomenologi. Pada proses pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah terkumpul, data tersebut dianalisis dengan Teknik reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi data. Dari penelitian ini didapatlah hasil penelitian berupa: (1) tidak ada RPP sebagai perangkat perencanaan metode pembelajaran; (2) penerapan metode pembelajaran pada PTKU MUI Sumut menggunakan beberapa metode pembelajaran, yaitu sorogan, bandongan, ceramah, penugasan (resitasi), diskusi, dan demonstrasi; dan (3) kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran di PTKU MUI Sumut, salah satunya pada metode bandongan, sorogan, ceramah, hafalan, dan diskusi (kitab kuning) kelebihannya: pemilihan metode pembelajarannya tepat. Indikatornya adalah dosen menggunakan metode sorogan, bandongan, dan ceramah pada pembelajaran tauhid. Adapun kekurangannya suasana pembelajaran pasif. Indikatornya adalah penerapan metode pembelajaran klasik pada pembelajaran lebih banyak diperankan oleh dosennya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Nov 2022 08:14
Last Modified: 05 Nov 2022 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16215

Actions (login required)

View Item View Item