Dewi, Intan Qumala (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan Media Kartu Domino terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Trigonometri di SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (692kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (658kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (407kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
Abstract
Penelitian ini diletarbelakangi hasil belajar matematika siswa masih memprihatinkan dan yang menjadi salah satu faktornya yaitu kurangnya motivasi belajar siswa. Hal tersebut didasari oleh metode pembelajaran yang digunakan selama berlangsungnya proses pembelajaran daring yang lebih condong pada metode ceramah dan pemberian tugas sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan desain Nonequivalent Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan dengan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIPA 5 untuk kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 untuk kelas kontrol dengan masing-masing jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan memberikan angket kuesioner dan tes berbentuk uraian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kartu domino lebih baik dari motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan thitung = 5,308 > ttabel = 1,994; (2) hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kartu domino lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan thitung = 5,308 > ttabel = 1,994; (3) motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kartu domino lebih baik dari motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai Fhitung = 18,647 > Ftabel = 3,128 dengan nilai sig. < α yakni 0,000 < 0,05.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 05:26 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 05:26 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16143 |
Actions (login required)
View Item |