Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas II pada Materi Penjumlahan Di MIS Nurhidayah Purwosari Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun

Febriyanti, Dwi (2022) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas II pada Materi Penjumlahan Di MIS Nurhidayah Purwosari Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover dwi febriyanti.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I DWI FEBRIYANTI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II DWI FEBRIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III DWI FEBRIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
BAB IV DWI FEBRIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] Text
BAB V DWI FEBRIYANTI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika pada materi penjumlahan di kelas II MIS Nurhidayah Purwosari. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun metode pengumpulan datanya dengan menggunakan tes, observasi,wawancara,dokumentasi dan perekaman data. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Cara menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1). Jenis-jenis kesulitan belajar siswa kelas II pada materi penjumlahan di MIS Nurhidayah Purwosari yaitu, gangguan dalam hubungan keruangan, asosiasi visual-motorik, kesulitan dalam mengenal serta memahami simbol, preserevasi, dan kesulitan dalam membaca dan Bahasa. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa yaitu faktor internal yang meliputi bakat, minat motivasi dan semangat belajar, siswa yang hiperaktif dan siswa kurang memahami materi, adapun faktor eksternalnya yaitu meliputi lingkungan keluarga, fasilitas belajar, cara mengajar guru dan media pembelajaran yang kurang. 3) Sedangkan upaya yang dilakukan adalah membuat les tambahan, bekerjasama dengan orang tua murid, memperbanyak latihan soal, melengkapi media pembelajaran, menggunakan strategi pembelajaran yang tidak monoton.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:39
Last Modified: 01 Nov 2022 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16138

Actions (login required)

View Item View Item