Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa/i Kelas II B SDN 106811 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan

Afandi, Ary (2022) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa/i Kelas II B SDN 106811 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover Ary.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB I. Ary docx.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II. Ary docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB III. Ary docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV . Ary docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB V Ary.pdf

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA. Ary docx.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan siswa/i kelas II B SDN 106811 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan, 2) Untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh siswa/i dalam membaca permulaan siswa/i kelas II B SDN 106811 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan, 3) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa/i kelas II B SDN 106811 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pernarik kesimpulan. Selanjutnya teknik pengecekan keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan dan trigulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru kelas II B SDN 106811 dalam menerapkan perencanaan sudah cukup baik. Guru sudah mampu menerapkan perencanaan dalam pembelajaran yang sedemikian maksimalnya seperti mempersiapkan metode, bahan ajar, dan media sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru kelas II B SDN 106811 sudah cukup baik. Guru sudah mampu meyampaikan suatu materi pembelajaran yang bervariasi dengan menggunakan tahapan dalam pelaksanaannya, 2) Kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas II SDN 106811 berasal dari dirinya sendiri seperti a) kesulitan intelektual yaitu cara berfikir atau kecerdasan siswa, b) kesulitan psikologis seperti kemampuan siswa yang kurang dalam menangkap suatu pembelajaran, c) kesulitan lingkungan sosial siswa seperti lingkungan rumah, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat, 3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca SDN 106811 ialah memberikan dukungan seperti pembiasaan membaca, memperhatikan dan memberikan motivasi kepada siswa, memberikan jam tambahan dan waktu luang serta guru juga harus memberikan pendekatan, membimbing dan menciptakan suasana yang nyaman.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: upaya guru, kesulitan membaca permulaan siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:33
Last Modified: 01 Nov 2022 04:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16137

Actions (login required)

View Item View Item