Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Operasi Hitung Perkalian Bersusun Dan Bilangan Cacah Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Wahyuni, Widya Sri (2022) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Operasi Hitung Perkalian Bersusun Dan Bilangan Cacah Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
CAVER WIDYA.pdf

Download (658kB)
[img] Text
bab 1 widya.pdf

Download (273kB)
[img] Text
bab 2 widya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
bab 3 widya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
bab 4 widya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
bab 5 widya.pdf

Download (189kB)
[img] Text
daftar pustaka widya.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Operasi Hitung Perkalian Bersusun Dan Bilangan Cacah Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar”, yang dilatarbelakangi bahwa pembelajaran matematika cukup memprihatinkan. Khususnya pada materi perkalian bersusun dan bilangan cacah dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung dikelas tatap muka terbatas pada kegiatan menyimak. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah siswa SD Swasta Islamiyah dengan jumlah sampel 19 siswa. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada kriteria yang ditetapkan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi dan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kesulitan belajar matematika khususnya pada operasi perkalian bersusun dan bilangan cacah yaitu (1) siswa kurang memahami konsep perkalian, (2) siswa tidak hapal perkalian 6-10, (3) siswa kurang teliti dalam menjawab soal. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik layak diterapkan oleh guru sebagai satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran matematika.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar; matematika; operasi hitung perkalian bersusun; sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:21
Last Modified: 31 Oct 2022 04:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16123

Actions (login required)

View Item View Item