Pengaruh Self Regulated Learning dan Dukungan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Dwiwarna Medan

Sarawina, Intan (2022) Pengaruh Self Regulated Learning dan Dukungan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Dwiwarna Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover-Daftar Lampiran.pdf

Download (688kB)
[img] Text
Bab1.pdf

Download (620kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar matematika siswa yang masih banyak berada pada kategori tidak tuntas. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh faktor internal salah satunya adalah self regulated learning serta faktor eksternalnya yaitu dukungan orang tua.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex-post facto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Dwiwarna Medan sebanyak 32 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan total sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui instrumen tes hasil belajar berupa uraian dan angket untuk variabel bebas self regulated learning dan dukungan orang tua. Hasil analisis data yang diperoleh dengan taraf signifikasi 5% mengungkapkan bahwa (1) terdapat pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa dengan t hitung > t tabel (2,534 > 2,045). (2) terdapat pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa yang dilihat dari t hitung > t tabel atau (3,007 > 2,045). (3) terdapat pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa yang dilihat dari f hitung > f tabel atau (129,791> 3,316). Dengan Koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,90 artinya persentase sumbangan self regulated learning dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X TKJ SMK Dwiwarna Medan sebesar 90%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:40
Last Modified: 20 Oct 2022 04:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16086

Actions (login required)

View Item View Item