Analisis Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Desa Hasahatan Jae Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Azis Kamil Paimatua (2021) Analisis Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Desa Hasahatan Jae Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover azis-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Azis-1.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB II azis-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB III azis-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB IV azis-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB V Aziz.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA azis 2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kondisi ekonomi roang tua rendah berdampak dari kebutuhan anak dalam bersekolah tidak terpenuhi. Seperti orang tua siswa di desa hasahatan jae rata-rata mata pencahariannya adalah petani dan juga ada yang berprofesi sebagai tukang becak dan lain sebagainya. Jumlah kepala rumah tangga Desa Hasahatan Jae sekitar 457 kepala rumah tangga dan Desa Hasahatan Jae memiliki luas ladang persawahan 119 hektar ladang persawahan dan tanah ladang persawahan mempunyai 3 jenis tanah, 1. Tanah dalam kategori subur ( tanah hitam, 2. Tanah yang bercampur dengan pasir, dan 3. Tanah yang memiliki jenis seperti tanah lumpur hisap yang daya kesuburannya kurang bagus. Mayoritas pekerjaan warga Desa Hasahatan Jae adalah seorang petani, petani penanam padi dan petani tanaman muda hanya sekitar 20 %. Namun usaha menanam padi bukanlah sebuah usaha yang dapat menjaminkan ekonomi bagus karna proses penanaman padi hingga mancapai fase panen membutuhkan waktu lebih dari 4 bulan yang sementara kebutuhan yang diperlukan oleh keluarga yang apalagi sudah menyekolahkan anak membutuhkan biaya setiap harinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualititatif adalah suatu penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistic dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yag alamiah serta dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Informan penelitian ini berjumlah 8 orang . pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahaui deskripsi umum dan kondisi ekonomi orang tua terhadap pendidikan anak, di Desa Hasahatan Jae Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:01
Last Modified: 20 Oct 2022 04:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16082

Actions (login required)

View Item View Item