Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV MI

Bintang, Syahliani (2022) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV MI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI COVER OK.pdf

Download (451kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (976kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV MI”, yang dilatarbelakangi bahwa kesulitan yang alami siswa pada materi bangun datar mengakibatkan siswa akan sulit memahami materi yang berhubungan dengan materi ini pada jenjang berikutnya. Apabila ketidakpahaman ini dipertahankan maka siswa akan semakin tertinggal dan tidak dapat mengikuti pembelajaran selanjutnya yang berkaitan dengan materi bangun datar seperti bangun ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, dan observasi yang didukung oleh data dokumnetasi seperti nilai ualangan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIN 1 Dairi yaitu kelas IV B yang berjumlah 30 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesulitan belajar yang dialami siswa pada materi bangun datar berupa kesulitan dalam memahami konsep matematika, kesulitan dalam menggunakan prinsip ( perhitungan) dan kesulitan dalam masalah verbal ( memahami maksud soal), (2) Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah kurangnya penguasaan siswa terhadap konsep dasar matematika yaitu perkalian, sulitnya siswa mengingat rumus yang bervariasi, metode mengajar guru yang monoton, siswa takut bertanya kepada guru, (3) Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa adalah melakukan remedi bagi siswa yang tidak tuntas nilai KKM, memberikan latihan soal yang bervariasi dan penggunaan tutor sebaya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:43
Last Modified: 20 Oct 2022 02:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16069

Actions (login required)

View Item View Item