Sitorus, Ade Uci Ariana Br. (2022) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran SSCS Dan SQ3R Di Kelas X MAS Muhammadiyah 2 Kisaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
Cover_Ade Uci Ariana Br Sitorus_0305182134_PMM.pdf Download (789kB) |
|
Text
BAB I_Ade Uci Ariana Br Sitorus_0305182134_PMM.pdf Download (464kB) |
|
Text
BAB II_Ade Uci Ariana Br Sitorus_0305182134_PMM.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III_Ade Uci Ariana Br Sitorus_0305182134_PMM.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV_Ade Uci Ariana Br Sitorus_0305182134_PMM.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V_Ade Uci Ariana Br Sitorus_0305182134_PMM.pdf Download (117kB) |
|
Text
DAPUS_Ade Uci Ariana Br Sitorus_0305182134_PMM.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif yang diajar menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, Share (SSCS) dan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel kelas X MAS Muhammadiyah 2 Kisaran. Metodologi penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAS Muhammadiyah 2 Kisaran, tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 140 siswa, sedangkan sampelnya 35 siswa kelas eksperimen A dan 35 siswa kelas eksperimen B. Instrumen tes yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan berpikir kreatif siswa, masingmasing terdiri dari 5 soal yang berbentuk uraian soal. Dalam penelitian ini hasil uji untuk hipotesis pertama diperoleh harga dan berarti maka diterima. Hipotesis kedua diperoleh harga dan berarti maka diterima. Pada hipotesis ketiga diperoleh harga dan berarti maka diterima. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran SSCS dan SQ3R. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran SSCS dan SQ3R. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran SSCS dan SQ3R. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, layak diterapkan oleh guru sebagai satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran matematika.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share (SSCS) Dan Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 04:40 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 04:40 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16058 |
Actions (login required)
View Item |