Hidayah, Icmy (2022) Analisis Pembelajaran Aktif Reading Guide Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MIS Kesuma LKMD. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
C O V E R L E N G K A P.pdf Download (793kB) |
|
Text
BAB I ( Icmy ).pdf Download (153kB) |
|
Text
BAB II ( Icmy ).pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
Text
BAB III ( Icmy).pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
Text
BAB IV ( Icmy ).pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
Text
BAB V ( Icmy ).pdf Download (109kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN ( Icmy ).pdf Download (366kB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Analisis Pembelajaran Aktif Reading Guide Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MIS Kesuma LKMD” yang dilatarbelakangi bahwa Siswa yang kurang berminat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang monoton dan membosankan dikarenakan minimnya kreatifitas guru dalam menggunakan pembelajaran aktif Reading Guide, bahkan kurangnya pengetahuan guru dalam menjalankan strategi pembelajaran Reading Guide yang baikdan benar. Padahal ada banyak cara agar strategi reading guide ini dapat diterapkan dengan asik dan tidak membosankan. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif yakni penelitian yang diarahkan untuk menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas suatu kegiatan tertentu. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Dan analisisnya menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Secara global penerapan pembelajaran aktif reading guide dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MIS Kesuma LKMD terbagi menjadi tiga tahap, yaitu : Tahap pembuka, Inti dan Tahap Penutup. (2) Kreatifitas guru dalam menerapkan strategi reading guide dalam pembelajaran bahasa indonesia di MIS Kesuma LKMD masih sangat minim kreatifitas, sehingga terkesan membosankan dan monoton. (3) Penerapan pembelajaran aktif reading guide pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MIS Kesuma LKMD juga memiliki beberapa dampak positif dan negatif. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik maka guru hendaknya mampu menerapkan strategi pembelajaran aktif reading guide ini dengan cara yang lebih menyenangkan, sehingga strategi ini dapat menciptakan pembelajran bahasa Indonesia yang tidak membosakan dan dapat menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 04:28 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 04:28 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16033 |
Actions (login required)
View Item |