STRATEGI GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MIS HIDAYATUSSALAM DESA BANDAR KHALIPAH KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG

Nurbaithie, Siti (2022) STRATEGI GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MIS HIDAYATUSSALAM DESA BANDAR KHALIPAH KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SITI NURBAITHIE.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Disiplin merupakan sikap patuh, taat, dan tertib terhadap peraturan serta memiliki kesadaran dan rasa tanggungjawab dalam melaksanakannya. Karakter disiplin sangatlah penting dibentuk dan diterapkan dalam kehidupan karena disiplin membuat segalanya menjadi teratur dan sesuai dengan tujuan. Sehubungan dengan hal ini maka diperlukan peran guru menjadi teladan yang baik yang tidak hanya mencerdaskan tetapi mampu membimbing, mengarahkan, dan membentuk karakter disiplin serta akhlak mulia peserta didik yang kokoh. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui strategi guru kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa di MIS Hidayatussalam Kecamatan Percut Sei Tuan kabupaten Deli Serdang, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk karakter disiplin pada siswa di Mis Hidayatussalam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) observasi, (2) wawancara dan, (3) dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu dengan cara; (1) reduksi data, (2) penyajian data dan, (3) penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Strategi guru kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa di Mis Hidayatussalam baik didalam kelas maupun diluarkan kelas adalah dengan memberikan keteladan, pembiasaan, panutan/model, dan pemberian reward dan punishment. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk karakter disiplin siswa di Mis Hidayatussalam adalah adanya kontrol dari kepala sekolah dan guru, kekompakan guru dan siswa, dan kesadaran siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat/bermain peserta didik karena kurangnya kontrol atau perhatian dari orangtua.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Oct 2022 14:39
Last Modified: 14 Oct 2022 14:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16016

Actions (login required)

View Item View Item