Problematika Dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 014673 Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane Asahan

Novianti, Sella (2022) Problematika Dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 014673 Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Sella Novianti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Sella Novianti.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB II Sella Novianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[img] Text
BAB III Sella Novianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV Sella Novianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Sella Novianti.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Sella Novianti.pdf

Download (5MB)

Abstract

penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 014673 Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane Asahan, (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 014673 Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane Asahan, (3) Untuk mengetahui apa saja problematika yang terjadi dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 014673 Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane Asahan, dan (4) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 014673 Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane Asahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang merujuk pada penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata tertulis maupun lisan dari orang yang bersangkutan dengan perilaku yang dapat diamati. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa yang memiliki problem, kepala sekolah, guru wali kelas IV A dan siswa kelas IV A yang memiliki problem dalam pembelajaran IPA. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 014673 Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane Asahan yang meliputi RPP, metode pembelajaran, media dan sumber belajar, (2) pelaksanaan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 014673 Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane Asahan yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (meliputi keterampilan proses: mengamati, menggolongkan, mengkomunikasikan, memprediksi, menyimpulkan dan meliputi sikap ilmiah: rasa ingin tahu, kerjasama, dan tanggungjawab), dan kegiatan penutup, (3) problematika yang terjadi dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 014673 Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane Asahan meliputi pertama, problem siswa: kurangnya minat belajar siswa, kurangnya rasa percaya diri, kurangnya konsentrasi dalam belajar, dan kurangnya sumber belajar, kedua, problem guru: kurangnya penggunaan media, penggunaan metode yang kurang bervariasi, kurangnya kemampuan guru dalam mengkondisikan dan mengaktifkan kelas, guru kurang memahami siswa, dan (4) solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 014673 Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane Asahan ialah guru harus meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial agar dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran dengan baik untuk meminimalisir adanya problematika dalam pembelajaran IPA.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Proses Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Oct 2022 07:06
Last Modified: 11 Oct 2022 07:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15978

Actions (login required)

View Item View Item