Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN 091601 Dolok Merangir A Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2021/2022

Siregar, Putri Muthmainnah (2021) Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN 091601 Dolok Merangir A Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text
BAB III Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)
[img] Text
BAB V Skripsi.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persiapan guru dalam penerapan model pembelajaran mind mapping pada kelas IV SDN Dolok Merangir A, (2) respon siswa dalam penerapan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN 091601 Dolok Merangir A dan (3) factor penghambat dan pendukung penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 091601 Dolok Merangir A. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif (Deskriptif Kualitatif). Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 091601 Dolok Merangir A dengan jumlah keseluruhan 16 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan ialah (1) Persiapan guru dalam Implementasi model pembelajaran Mind mapping sangat berpengaruh terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA. (2) Respon siswa pada model pembelajaran Mind mapping sangat baik dan setiap siswa sangat antusias terlihat dari cara mereka mengerjakan tugas Mind mapping ini. (3) Implementsi menggunakan model pembelajaran ini mempunyai bebrapa faktor pendukung dan penghambat diantaranya guru, siswa, sarana/ media dan lingkungan, sedangkan faktor penghambatnya adalah watak dan kepribadian peserta didik, sulitnya mengontrol fokus siswa dalam pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Sep 2022 05:00
Last Modified: 20 Sep 2022 05:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15930

Actions (login required)

View Item View Item