Upaya Guru BK Dalam Mencegah Cyberbullying Melalui Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Self Management di Yayasan Pendidikan Islam SMP IT Ar-Rasyid, Kec. Tanjung Morawa

Yusni, Dwi (2021) Upaya Guru BK Dalam Mencegah Cyberbullying Melalui Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Self Management di Yayasan Pendidikan Islam SMP IT Ar-Rasyid, Kec. Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi (Dwi Yusni 0303171063).pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB I Skripsi (Dwi Yusni 0303171063).pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II Skripsi (Dwi Yusni 0303171063).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB III Skripsi (Dwi Yusni 0303171063).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi (Dwi Yusni 0303171063).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB V Skripsi (Dwi Yusni 0303171063).pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi (Dwi Yusni 0303171063).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku cyberbullying sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management dengan perilaku cyberbullying setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management, serta untuk mengetahui juga apakah layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self management berpengaruh untuk mencegah perilaku cyberbullying di SMP IT Ar- Rasyid Kec. Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan I siklus. Partisipan penelitian ini yaitu 9 siswa kelas VIII SMP IT Ar-Rasyid Kec. Tanjung Morawa yang memiliki pemahaman perilaku cyberbullying yang rendah. Metode dalam mengumpulkan data yang dipergunakan yakni angket, wawancara dan observasi. Kemudian teknik analisa data memakai analisis deskriptif kualitatif dan persentase. Adapun hasil penelitian menunjukan pra siklus persentasenya 0% dan langsung mengalami peningkatan 100% di siklus I. Hal ini menunjukan bahwasannya pelayananan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management dapat membantu mencegah perilaku cyberbullying pada siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cyberbullying, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:49
Last Modified: 20 Sep 2022 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15929

Actions (login required)

View Item View Item