Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar PKn Materi Keputusan Bersama Kelas V di Sekolah Pada SD Negeri 101870 Desa Sena.

Norazmi, Muhammad (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar PKn Materi Keputusan Bersama Kelas V di Sekolah Pada SD Negeri 101870 Desa Sena. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui: 1) penggunaan model Role Playing pada mata pelajaran PKn, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, 3) Pengaruh yang signifikan antara model Role Playing terhadap hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 101870 Desa Sena. Sampel ditentukan melalui teknik Total Samling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas V-B sebagai kelas eksperimen (dengan metode Role Playing) dan kelas V-A sebagai kelas kontrol (dengan pembelajaran konvensional). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn yang dikumpulkan melalui tes Objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) penggunaan modelRole Playing pada proses pembelajaran PKn dengan cara siswa bermain peran yang sudah ditentukan oleh guru topik/masalahnya untuk dipecahkan bersama oleh siswa. Pada pelaksanaan yang menggunakan model Role Playing, siswa melakukan kerja sama untuk memainkan peranan masing-masing. Setelah itu masing-masing kelompok yang menjadi penonton mempersentasekan kesimpulannya. 2) Hasil belajar siswa mata pelajaran PKn kelas V di SD Negeri 101870 Desa Sena pada kelas eksperimen (V-B) yang diberi perlakuan yang menggunakan model Role Playing memperoleh nilai rata-rata post-test = 87,20 dan hasil belajar siswa kelas kontrol (V-A) yang diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata post-test = 75,60. 3) berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh thitung ≥ ttabel 3,467 ≥ 1,708 (n=25) dengan taraf signivikan 0,05 yang menyatakan terima Ha dan tolah H0. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Role Playing berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V di SD Negeri 101870 Desa Sena.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Role Playing, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:01
Last Modified: 30 Jul 2019 02:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6135

Actions (login required)

View Item View Item