Andriani, Sri (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Kecepatan Melalui Model RME (Realistik Mathematics Education) Siswa Kelas V SDN 105855 PTPN II Tanjung Morawa Kbupaten Deli Serdang T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SRI ANDRIANI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi kecepatan sebelum menggunakan model RME (Realistik Mathematics Education) di kelas V SDN 105855 PTPN II Tanjung Morawa. (2) Penerapan model RME ( Realistik Mathematic Education ) dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika materi kecepatan di kelas V SDN 105855 PTPN II Tanjung Morawa. (3) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi kecepatan sesudah menggunakan model RME (Realistik Mathematics Education) di kelas V SDN 105855 PTPN II Tanjung Morawa. Jenis penelitian berupa PTK, dengan subjek penelitian kelas V-C terdiri dari 37 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) hasil belajar sebelum tindakan hasil nilai rata-rata pada pre test adalah 46. Siswa yang tuntas adalah 19% (7 orang). (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan Model RME (Realistik Mathematics Education) pada siklus I nilai rata-rata menjadi 64 atau sebanyak 49% (18 orang) yang tuntas. Sedangkan nilai rata-rata siswa siklus II meningkat lagi menjadi 73 atau sebanyak 78% (29 orang) yang tunta sbelajar (3) peningkatan nilai rata-rata siswa pra tindakan adalah 54, siklus pertama adalah 64 dan siklus kedua 73. Dari hasil ini menunjukan peningkatan nilai rata-rata. Dapat disimpulkan bahwa Model RME (Realistik Mathematics Education) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi Kecepatan hanya di kelas V SDN 105855 PTPN II T.A 2018-2019.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dan Penerapan model RME (Realistik Mathematics Education). |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Triana Santi |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 02:00 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 02:00 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6132 |
Actions (login required)
View Item |