Rizqi, Syahrur (2017) Penerapan Penilaian Hasil Belajar Sikap Sosial Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Di Kelas V SD Negri 298 Batu Loting. Skripsi thesis, Fakultas ilmu tarbiah dan keguruan.
|
Image (sampul)
SAMPUL pdf.pdf - Accepted Version Download (446kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK pdf.pdf - Accepted Version Download (634kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
BAB I pdf.pdf - Accepted Version Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 2)
BAB II pdf.pdf - Accepted Version Download (465kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 3)
BAB III pdf.pdf - Accepted Version Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 4)
BAB IV pdf.pdf - Accepted Version Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V pdf.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5)
BAB V pdf.pdf - Accepted Version Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Accepted Version Download (78kB) | Preview |
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). pengetahuan guru tentang penilaian sikap sosial dalam kurikulum 2013 (2). cara penerapan penilaian hasil belajar sikap sosial dalam kurikulum 2013 (3). kendala yang diperoleh oleh guru PAI dalam penerapan penilaian hasil belajar sikap sosial dalam kurikulum 2013. metodollogi penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. dalam proses pengumpulan data yang dilakukan penulis melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, serta analisis isi. Sedangkan untuk proses teknik analisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis beerupaya mengadakan penelitian yang bersifat mendeskripsikan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapan temuan terkait penerapan penilaian hasil belajar sikap sosial dalam kurikulum 2013 adalah: (1). Guru telah mengetahui dan memahami penilaian yang ada dalam kurikulum 2013 khususnya penilaian sikap sosial (2). Guru juga telah menerapkan penilaian hasil belajar sikap sosial melalui teknik penilaian jurnal dan melalui penilaian teman sejawat (3). Adapun kendala dalam menilai sikap sosial sulitnya merubah kebiasaan dengan penilaian tradisional menjadi autentik. Hal ini terkdang guru sudah tau penilaian autentik secara ideal sangat baik jika diimplementasikan di dalam pembelajaran, tetapi dalam pelaksanaannya dalam kelas sangat sulit karena terlalu banyaknya hal-hal yang harus dilakukan ketika didalam kelas,banyaknya komponen yang harus diperhatikan guru secara bersamaan saat pelaksaan dalam kurikulum 2013.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | ryan ariandi |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 05:53 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 02:36 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4563 |
Actions (login required)
View Item |