Pelaksanaan Program Tahfizh Al- Quran di Islamic Centre Sumatera Utara : Studi Evaluasi Conteks, Input, Proses dan Produk

Izzah, Nurul (2024) Pelaksanaan Program Tahfizh Al- Quran di Islamic Centre Sumatera Utara : Studi Evaluasi Conteks, Input, Proses dan Produk. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover_Nurul_izzah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab_I_Nurul_Izzah.pdf

Download (591kB)
[img] Text
Bab_II_Nurul_Izzah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab_III_Nurul_Izzah.pdf

Download (510kB)
[img] Text
Bab_IV_Nurul_Izzah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab_V_Nurul_Izzah.pdf

Download (480kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_dan_Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Program Tahfizh Al- Quran 30 Juz Di Islamic Centre Sumatera Utara dalam Evaluasi Konteks, Input, Proses dan Produk. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif analisis di mana peneliti tidak menghitung dan mengkuantifikasikan data kualitatif yang diperoleh dan tidak menganalisisnya dalam bentuk angka, melainkan peneliti berusaha mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata-kata (lisan maupun tulisan) dan kegiatan objek penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Latar penelitian ini adalah Aliyah kelas XII di Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Data dan sumber data yang digunakan berasal dari sumber utama yakni guru-guru tahfizh, santri dan mudir ma’had. Data sekunder yang dianggap sebagai pendukung diperoleh dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang tahfizh, masyarakat sekitar, Koordinator tahfizh atau syaikhul huffazh dan alumni. Hasil penelitain menyatakan bahwa dalam evaluasi konteks menggunakan indikator lingkungan, masyarakat, pemerintah, kebutuhan dan tujuan. Kemudian evaluasi Input yang didapati dengan indikator sumberdaya manusia dan prosedur yang dilakukan. Selanjutnya evaluasi proses pelaksanaan dengan indikator pelaksanaan, dan melakukan proses penilaiaan dan pengawasan dan yang terakhir adalah evaluasi Produk yang menggunakan indikator kompetensi hasil akhir tahfizh al-qur’an dan akhlak mulia dari santri Islamic Centre Sumatera Utara. Adapun pelaksanaan pembelajaran dimulai dari pukul 06.30 sampai 09.15 dengan target hafalan 3 juz untuk Sekolah Dasar, 10 Juz untuk Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah juga 20 Juz untuk Madrasah Tahfizhil Quran (MHQ) dalam 1 jenjang sehingga diharapkan tercapai target hafalan Alquran santrinya. Banyak temuan yang didapatkan dalam evaluasi CIPP ini, selain mengenai proses pembelajaran juga terdapat temuan baru bahwa guru menggunakan metode sendiri dalam mengajar dan berkreasi dengan sendirinya saat melakukan pembelajaran karena sekolah Islmaic Centre sendiri belum memiliki Silabus dan RPP untuk kurikulum tahfizh. Penilaian yang dilakukan juga bukan hanya untuk para santri saja, namun para guru tahfizh juga harus melakukan tasmi’ murajaah kepada Syaikhul Huffazah setiap minggu nya sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Penilaian digunakan dengan penilaian lisan, tulisan dan absen dalam bentuk arsip mutaba’ah.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 12 Feb 2025 02:59
Last Modified: 12 Feb 2025 02:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25381

Actions (login required)

View Item View Item