Widya, Ratih (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Kepemimpinan Siswa di SMA PAB 4 Sampali. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR_ISI_SKRIPSI_RATIH_WIDYA_WM.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
BAB_I_SKRIPSI_RATIH_WIDYA.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB_II_SKRIPSI_RATIH_WIDYA.pdf Download (713kB) |
![]() |
Text
BAB_III_SKRIPSI_RATIH_WIDYA.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_SKRIPSI_RATIH_WIDYA.pdf Download (717kB) |
![]() |
Text
BAB_V_SKRIPSI_RATIH_WIDYA.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (919kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam membentuk sikap kepemimpinan siswa di SMA PAB 4 Sampali, faktor apa saja yang mendukung dalam membentuk sikap kepemimpinan siswa di SMA PAB 4 Sampali, serta kendala apa saja yang dihadapi oleh guru PAI dalam membentuk sikap kepemimpinan siswa SMA PAB 4 Sampali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah data yang dihasilkan dari observasi di lapangan, hasil wawancara dan studi dokumen. Ada pun sumber data terdiri dari guru PAI, kepala sekolah dan siswa SMA PAB 4 Sampali. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data miles dan huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan teknik triangulasi data yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik dan waktu. Dari penelitian tersebut dihasilkan temuan bahwa peran guru PAI dalam membentuk sikap kepemimpinan siswa sudah berperan dengan begitu baik sesuai dengan perannya sebagai guru PAI semestinya. Terdapat faktor pendukung terhadap peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap kepemimpinan siswa di SMA PAB 4 Sampali seperti, kurikulum sekolah yang juga relevan, kepala sekolah dan para guru lainnya yang sangat mendukung dan ikut terlibat, serta dukungan dari lingkungan keluarga kendala yang dialami dalam menjalankan hal tersebut dipicu beberapa hal, yaitu pengaruh media sosial, kurangnya kepedulian orang tua di rumah berkaitan dengan pendidikan anak, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah, serta kurangnya motivasi pada diri siswa untuk berkembang lebih baik lagi.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 02:15 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 02:15 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |