Penerapan Kurikulum Merdeka Berbasis Project pada Kokurikuler Keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTS) Cendikia Medan

Lubis, Parentah (2024) Penerapan Kurikulum Merdeka Berbasis Project pada Kokurikuler Keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTS) Cendikia Medan. Masters thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_PERPUS_PARENTAH_FIX-compressed.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB_I_PARENT-compressed.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB_II_PARENT-compressed_11zon.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III_PARENT-compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV_PARENT_11zon_(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_PAREN.pdf

Download (639kB)
[img] Text
DAPUS_LAMPIRAN_FIX_11zon_(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, cara guru mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran, tantangan yang dihadapi guru, serta upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kurikulum merdeka berbasis project pada kokurikuler keagamaan di MTS Cendikia Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Perencanaan project ko-kurikuler keagamaan dilakukan melalui tahap penguatan, asesmen project ko-kurikuler, serta evaluasi. 2) Pelaksanaan project ko-kurikuler keagamaan dilakukan melalui langkah merancang modul ajar, penentuan tugas siswa, pencatatan tugas siswa, pelaksanaan tugas, dan penilaian tugas. 3) Cara guru mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran project ko-kurikuler keagamaan dilakukan dengan menggunakan kriteria yang jelas, menggunakan metode dan alat evaluasi yang beragam, menggunakan rubrik dan panduan evaluasi yang jelas, memberikan feedback kepada siswa, serta melibatkan siswa dalam proses evaluasi. 4) Tantangan yang dihadapi guru dalam penerapan project ko-kurikuler keagamaan terdiri dari keterbatasan media pembelajaran, perbedaan kemampuan siswa, padatnya jadwal guru, terbatasnya kontrol ketika siswa berada di lingkungan tempat tinggal mereka, serta terbatasnya waktu dalam pembinaan dan ekskul. 5) Upaya yang dilakukan dalam pengembangan project ko-kurikuler keagamaan terdiri dari beberapa langkah, seperti menganalisis sumber daya yang dibutuhkan, mengidentifikasi kebutuhan, potensi, dan minat peserta didik, menetapkan bentuk kegiatan dan memastikan dukungan dari semua warga sekolah, memilih dan menggunakan strategi yang tepat, serta penilaian atau evaluasi secara rutin.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 08:50
Last Modified: 07 Feb 2025 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25140

Actions (login required)

View Item View Item