Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan

Armyliyanda, Nadia (2024) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__bab_I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
3__Bab_II.pdf

Download (755kB)
[img] Text
4__Bab_III.pdf

Download (693kB)
[img] Text
5__Bab_IV.pdf

Download (975kB)
[img] Text
6__bab_V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
7__pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sejauhmana pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelatif yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan dengan sampel berjumlah 168 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji prasyarat yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yang terdiri atas uji pasrial (uji t), uji simultan (F), analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2 ) dan uji korelasi koefisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada koefisien tingkat pendidikan nilai Thitung < Ttabel yaitu 0.804 < 1.97462, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya, tidak terdapat pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap hasil belajar siswa. Pada koefisien tingkat pendapatan nilai Thitung > Ttabel yaitu 2.348 < 1.97462, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh tingkat pendapatan orangtua terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan pada pada koefisien pekerjaan nilai Thitung < Ttabel yaitu -1.616 < 1.97462, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, tidak terdapat pengaruh pekerjaan orangtua terhadap hasil belajar siswa. Kemudian diperoleh nilai probabilitas signifikansi (sig) < 0.05, yaitu 0.044 < 0.05 dan nilai F hitung > F tabel yaitu 2.762 > 2.66, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka diperoleh bahwa terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar yang dapat ditunjukkan dari nilai koefisien determinan (R square) sebesar 0,048 artinya bahwa pengaruh variabel status sosial ekonomi terhadap hasil belajar sebesar 0,048 atau sebesar 4.8%. Sedangkan nilai korelasi (R) sebesar 0,220 atau sebesar 22% yang menunjukkan tingkat hubungan rendah. Dari pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap hasil belajar siswa (Ha diterima dan H0 ditolak).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 01:49
Last Modified: 07 Feb 2025 01:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24927

Actions (login required)

View Item View Item