Najmi, Raudhatun (2022) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJARSISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDS AL-HIDAYAH KECAMATAN MEDAN TEMBUNG KOTA MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
Cover_Najmi_compressed.pdf Download (846kB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di SDS Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung Kota Medan”. Sesuai rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan memahami bagaimana kondisi minat belajar siswa selama Pandemi Covid-19 berlangsung di SDS Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung, 2) Mengetahui bentuk kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar siswa selama pandemi Covid-19 di SDS Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung, 3) Mengetahui dan memahami faktor pendukung kreativitas guru dalam menumbuhkan atau meningkatkan minat belajar siswa selama pandemi Covid-19 di SDS Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung, 4) Mengetahui dan memahami faktor penghambat kreativitas dan solusinya bagi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa selama pandemi Covid-19 di SDS Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung. Penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskripstif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, dan Peserta Didik. Dalam proses pengumpulan data penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Guru sudah mengoptimalkan kreativitasnya dalam mengembangkan metode, serta media yang menarik untuk pembelajaran seperti whatsapp, aplikasi youtube dan pembelajaran bentuk proyek dengan berisikan kontenkonten video pembelajaran, 2) faktor pendukungnya ialah keaktifan guru dalam mencari hal-hal baru untuk diterapkan pada pembelajaran, melihat, mencari informasi terkait media dan metode pembelajaran, dukungan penuh dari kepala sekolah, dan kerjasama antar guru, 3) faktor penghambat kreativitasnya, kemampuan siswa yang berbeda-beda, susahnya jaringan internet yang dimiliki siswa, keterbatasan tatap muka sehingga sulit berinteraksi, serta latar belakang setiap siswa yang berbeda-beda, dan bedanya pemahaman antara pihak guru dan orang tua.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 04:45 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 06:42 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |