Rahmah, Julia (2024) Upaya Guru Agama dalam Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Tanjungbalai. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
COVER_watermark3.pdf Download (980kB) |
![]() |
Text
BAB_I_watermark.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
BAB_II_watermark.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text
BAB_III_watermark.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_watermark.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
BAB_V_watermark.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_watermark.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Macam-macam media pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di MAN Tanjungbalai, (2) Upaya guru agama dalam pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN Tanjungbalai, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN Tanjungbalai. Metodologi penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif dengan strategi pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah guru agama (guru Fikih, Akidah Akhlak, SKI, ALQuran Hadis) dan peserta didik. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar, guru agama di MAN Tanjungbalai menggunakan bermacam-macam media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar, guru agama yang mengadakan sendiri media pembelajaran sesuai kebutuhan, pemanfaatan media pembelajaran disesuaikan dengan kriteria pemilihan media, pemeliharaan media pembelajaran harus tetap dalam kondisi baik dan awet, sehingga dapat dipergunakan semaksimal mungkin. Faktor pendukung dalam pengembangan media pembelajaran adalah ketersediaan media di sekolah, reaksi positif dari siswa, adanya rasa tanggung jawab dalam pemakaian media, faktor penghambat dalam pengembangan media pembelajaran adalah tidak adanya kreativitas, kurangnya motivasi, keterbatasan dalam biaya, serta kemampuan yang dimiliki oleh guru dalam mengajar.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 08:14 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 08:14 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |