Manajemen Kepala Madrasah dalam Mencapai Madrasah Mandiri Berprestasi di MTsN Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Vena Annisa (2024) Manajemen Kepala Madrasah dalam Mencapai Madrasah Mandiri Berprestasi di MTsN Kabupaten Padang Lawas Utara. Masters thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
1__vena.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__Bab_I_(1) (1).pdf

Download (408kB)
[img] Text
3__Bab_II_(1) (1).pdf

Download (596kB)
[img] Text
4__Bab_III_(1) (1).pdf

Download (291kB)
[img] Text
5__bab_IV_(1).pdf

Download (617kB)
[img] Text
6__Bab_V (4).pdf

Download (292kB)
[img] Text
7__pustaka.pdf

Download (508kB)

Abstract

Madrasah Mandiri Berprestasi adalah slogan madrasah untuk menarik minat orang tua dalam memilih madrasah sebagai lembaga pendidikan bagi anak-anak mereka dengan fokus pada kemandirian dan prestasi. Permasalahan yang dihadapi dalam implementasi slogan ini meliputi tantangan dalam manajemen dan kepemimpinan kepala madrasah yaitu masih bergantung pada bantuan eksternal dan belum sepenuhnya mandiri dalam pengelolaan sumber daya dan program pendidikan. Salah satu solusinya adalah mengidentifikasi strategi manajerial yang efektif yang dapat diterapkan oleh kepala madrasah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan manajemen sekolah. Jenis penelitian tergolong kualitatif dengan pendekatan deskriptif lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, pemberdayaan guru, pengembangan kurikulum yang relevan, serta manajemen sumber daya yang efisien merupakan faktor kunci kepala madrasah MTsN di Kabupaten Paluta dalam mencapai tujuan madrasah mandiri berprestasi. Selain dari itu, kepemimpinan kepala madrasah yang visioner, inspiratif, dan demokratis menjadi faktor kunci dalam memotivasi guru dan staf untuk meningkatkan kinerja dan mencapai prestasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kepala madrasah yang efektif merupakan faktor penting dalam mencapai madrasah mandiri berprestasi. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan madrasah di Indonesia, khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan madrasah.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 08:13
Last Modified: 05 Feb 2025 08:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24789

Actions (login required)

View Item View Item