Pelaksanaan Layanan Informasi Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Pada Siswa SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan

Nst, Yeni Rahman (2024) Pelaksanaan Layanan Informasi Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Pada Siswa SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Caver_Skripsi.pdf

Download (965kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_Dan_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir pada siswa di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yaitu penelitian yang dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahp tindakan/perencanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Matlanfor SMAN 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus 1 dilakukan dengan dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Menyebarkan angket setiap siklusnya dengan alokasi waktu ±40 menit angket meningkatkan perencanaan karir disebar kepada subjek penelitian yang berjumlah 30 siswa. Kemudian hasil dari angket tersebut banyak nilai yang beragam untuk dilanjutkan pemberian layanan informasi. Hasil dari penelitian ini pada Siklus I, hasil angket menunjukkan bahwa 60% siswa mengalami peningkatan dalam perencanaan karir mereka setelah layanan informasi. Namun, hasil ini belum mencapai target keberhasilan 75%. Observasi mengungkapkan bahwa keterlibatan siswa dalam diskusi bervariasi. Pada Siklus II, setelah perbaikan dalam metode pelaksanaan, 80% siswa menunjukkan peningkatan dalam perencanaan karir mereka, mencapai target yang ditetapkan. Hasil ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan layanan informasi dengan teknik diskusi dapat meningkatkan perencanaan karir pada siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 06:05
Last Modified: 05 Feb 2025 06:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24696

Actions (login required)

View Item View Item