Pengaruh Pengunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Peduli Sosial Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Yuliantika, Nanda (2024) Pengaruh Pengunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Peduli Sosial Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB_VI_SKRIPSI.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf

Download (366kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pendekatan ex-post-facto, penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui angket yang ditujukan kepada orang tua dan observasi langsung terhadap anak usia dini. Populasi berjumlah 15 anak, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka penentuan sempel menggunakan teknik total sampling. Maka yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana pengguna gadget dalam perkembangan karakter peduli sosial anak usia 4-5 tahun di TK Adetia?, Bagaimana perkembangan karakter peduli sosial anak usia 4-5 tahun di Tk Adetia?, Bagaimana pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan karakter peduli sosial anak usia 4-5 tahun di Tk Adetia?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan karakter peduli sosial pada anak usia 4-5 tahun di Taman KanakKanak Adetia. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden Lembar Obervasi digunakan sebagai lembar pengamatan untuk melihat pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan karakter peduli sosial anak usia 4-5 tahun di Tk Adetia Bandar Setia. Hasil penelitian dan uji yang dilakukan dapat diketahui bahwa hasil rxy sebesar 1,87. Kemudian dilanjutkan dengan melihar rtabel nilai koefisien “r” product moment dari 15 dengan taraf signifikan 5% adalah 0,514 yang artinya lebih besar dari rtabel yaitu 1,87 ≥ 0,514. Angka tersebut menunjukkan bahwa hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan karakter peduli sosial anak usia dini 4-5 tahun di TK Adetia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 05:59
Last Modified: 05 Feb 2025 05:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24693

Actions (login required)

View Item View Item