Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja guru SMP Negeri 1 Sunggal

Safitri, Puput (2024) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja guru SMP Negeri 1 Sunggal. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
1_COVER_PUPUT_SAFITRI_0307171040_WATERMARK_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2_BAB_I_PUPUT_SAFITRI_0307171040_WATERMARK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
3_BAB_II_PUPUT_SAFITRI_0307171040_WATERMARK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
4_BAB_III_PUPUT_SAFITRI_0307171040_WATERMARK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
5_BAB_IV_PUPUT_SAFITRI_0307171040_WATERMARK.pdf

Download (345kB)
[img] Text
6_BAB_V_PUPUT_SAFITRI_0307171040_WATERMARK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
7_DAFTAR_PUSTAKA_PUPUT_SAFITRI_0307171040_WATERMARK.pdf

Download (533kB)

Abstract

Untuk mewujudkan manusia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, berilmu dan terampil, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian tangguh, serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat dan bangsa, Undang-Undang Sistem Pendidikan menyebutkan bahwa tujuan pendidikan adalah mewujudkan manusia seutuhnya. Hal ini dilakukan agar terwujudnya manusia yang utuh sebagai pribadi yang utuh. Di sisi lain, masih banyak pendidik yang belum menunjukkan tingkat semangat dan kinerja yang dituntut oleh profesinya. Dalam rangka mendukung pencapaian kinerja yang baik, salah satu aspek yang dapat membantu adalah motivasi kerja yang kuat. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa ketika guru termotivasi dalam melaksanakan tugasnya, hal tersebut dapat memberikan dampak yang baik dan signifikan terhadap kinerja mereka secara keseluruhan. Perlu saya tegaskan bahwa agar guru dapat meningkatkan kinerjanya, maka mereka harus memiliki motivasi kerja yang tinggi. Setelah penelitian selesai, peneliti sampai pada kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang cukup erat antara gaya kepemimpinan dengan kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian, gaya kepemimpinan yang tinggi dan positif terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Sunggal yang ditunjukkan dengan sikap, perilaku, dan keteladanan yang baik memberikan kontribusi sebesar 8,5% terhadap varians kinerja. Penerapan gaya kepemimpinan yang baik merupakan salah satu cara untuk mencapai hal tersebut. Selanjutnya, terdapat pengaruh motivasi terhadap kinerja dosen yang cukup besar yaitu sebesar 4,56%. Selanjutnya, ditemukan bahwa pengaruh gabungan gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja guru bersifat positif dan signifikan yaitu sebesar 19,4% dari total variasi data.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:59
Last Modified: 05 Feb 2025 03:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24620

Actions (login required)

View Item View Item