Implementasi Supervisi Kepala Madrasah Bersama Guru Senior Di Mas Mpi Silo Bonto Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan

Ade Putri Lubis, Nuraini (2024) Implementasi Supervisi Kepala Madrasah Bersama Guru Senior Di Mas Mpi Silo Bonto Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
COVER_WTRMK.pdf

Download (902kB)
[img] Text
BAB_I_WT (1).pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB_II_wt (1).pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB_III_wt (1).pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB_IV_wt (1).pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB_V_wt (1).pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_wt.pdf

Download (172kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui impelementasi supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah mulai dari perencanaan yang dilakukan bersama dengan guru senior yaitu meilhat tindakan perencanaan yang dilakukan dalam upaya penyusunan prrogram supervisi, pelaksanaan tindakan supervisi, dan evaluasi atau tindakan lanjutan yang dilakukan berkaitan dengan monitoring kegiatan evaluasi yang dilakukan bersama guru senior di MAS MPI Silo Bonto. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian di lakukan di MAS MPI Silo Bonto dengan adanya dua sumber data yaitu data sekunder dan primer dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan kemudian verifikasi data. Untuk mengecek keabsahan data teknik yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber, triangulasi metode, dan juga triangulasi teori. Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan: 1) perencanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah bersama guru senior adalah dengan melakukan perencanaan jadwal supervisi dan juga menyusun instrumen penilaian, 2) pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah bersama guru senior menggunakan teknik individual dan juga kelompok, 3) evaluasi supervisi yang dilakukan bersama guru senior menggunakan evaluasi yang dibantu oleh tim supervisi dari kementerian agama, 4) hubungan kepala madrasah dengan guru senior dibangun dengan percakapan pribadi dan juga kerjasama tim pada saat tindakan-tindakan supervisi. Disimpulkan bahwa, pelaksanaan supervisi yang dilakukan bersama dengan guru senior dilakukan dengan baik, dan juga dilakukan sesuai dengan pedoman baku pelaksanaan kegiatan kepala madrasah sebagai supervisor tindakan dimulai dari perencanan, pelaksanaan dan sampai pada evaluasi. Namun, tindakan evaluasi yang dilakukan di MAS MPI Silo Bonto belum dapat dikatakan baik, karena kepala madrasah tidak melakukan tindakan supervisi secara langsung, guru senior hanya mendapat tindakan supervisi dari tim supervisi dari kementerian agama.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:21
Last Modified: 05 Feb 2025 03:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24594

Actions (login required)

View Item View Item