Husna, Siti Asmaul (2024) تطبيق التمييز يف تعليم اللغة العربية لطالب الصف السابع في مدرسة املنادي املتوسطة اإلسالمية املتكاملة ماريالن. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.
![]() |
Text
9203-Article_Text-23907-1-10-20240708.pdf Download (319kB) |
Abstract
Tamyiz ialah pembelajaran yang dijadikan sebuah metode untuk mengajarkan siswa lebih mudah menerjemahkan ayat Al-Qur’an dan kosa kata bahasa Arab, dengan cara metode bernyanyi dalam pembelajaran tamyiz. Tamyiz ini dibuat pembelajaran menjadi sebuah metode yang diterapkan pada sekolah SMP IT Al-Munadi Marelan. Adapun pembelajaran bahasa Arab ini memiliki keempat keterampilan bahasa Arab tersebut antara lain yaitu: al-istima (mendengar), al-kalam (berbicara), al-qira’ah dan al-kitabah (menulis). Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana cara siswa menggunakan pembelajaran tamyiz dalam pembelajaran bahasa Arab sehingga terciptanya pembelajaran tamyiz tersebut dijadikan sebagai metode bernyanyi. Peneliti ini menggunakan metode pendekatan kualitatif karena peneliti ingin mengetahui bagaimana cara guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran tamyiz menjadi sebuah metode bernyanyi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adapun siswa sangat termotivasi, menyenangkan, semangat pada saat pembelajaran tamyiz sedang berlangsung. Siswa sangat senang dengan adanya pembelajaran tamyiz diterapkan di SMP IT Al-Munadi Marelan sehingga pihak yayasan membuat kurikulum khusus pada pembelajaran tamyiz. Tamyiz ini juga didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, yaitu adanya buku tamyiz, papan tulis, laptop.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 03:59 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 03:59 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |