Khairunnisari, Wulan (2024) Komunikasi Humas SMK Swasta Imelda Medan Dalam Mempromosikan Sekolah Melalui Media Jurnalistik Dan Media Sosial. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
1__COVER.pdf Download (768kB) |
![]() |
Text
2__BAB_I.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
3__BAB_II.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
4__BAB_III.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
5__BAB_IV.pdf Download (566kB) |
![]() |
Text
6__BAB_V.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
7__DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Komunikasi Humas SMK Swasta Imelda Medan Dalam mempromosikan Sekolah Melalui Media Jurnalistik dan Media Sosial”, yang dilatarbelakangi oleh efektivitas media relation dalam mempromosikan sekolah. Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi media relation yang dilakukan oleh Humas SMK Swasta Imelda Medan dalam mepromosikan Sekolah melalui media jurnalistik dan media sosial serta mengetahui hambatan yang ditemui oleh Humas SMK Imelda Medan dalam mempromosikan sekolah melalui media jurnalistik dan media sosial. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. dimana nantinya peneliti mendeskripsikan tentang bentuk media relation yang digunakan oleh SMK Imelda Medan dalam mempromosikan sekolah dan hambatan yang ditemui dalam mempromosikan sekolah menggunakan media relation. Adapun yang menjadi informan dari penelitian ini adalah staf dan guru SMK Imelda Medan yang terdiri dari lima orang, yakni kepala Jurusan OTKP, kepala Jurusan TKJ dan Multimedia, kepala Jurusan Otomotif, Guru Produktif TITL dan Wakil Kepala Hubin. Hasil penelitian menjelaskan bahwa media jurnalistik yang digunakan oleh SMK Swasta Imelda Medan dalam melakukan promosi penyambutan siswa/i baru adalah media jurnalistik Medantalk. SMK Swasta Imelda Medan melakukan bentuk kerjasama yang tidak terikat, artinya SMK Imelda Medan meminta bantuan promosi dengan akun sosial media berita online Medantalk hanya ketika menyambut masa calon siswa-siswi baru saja. Bentuk kerjasama yang tersebut dilakukan dengan cara menghubungi admin dan meminta memposting data dan kegiatan atau brosur digital sekolah di akun sosial media berita Medantalk. Kemudian, media sosial yang juga digunakan SMK Swasta Imelda Medan dalam melakukan promosi penyambutan siswa/i baru adalah penggunaan akun media sosial, seperti Facebook, Instagram dan Youtube. Hambatan yang ditemui SMK Imelda Medan dalam mempromosikan sekolah menggunakan media jurnalistik adalah lambatnya respon dari Medantalk dalam merespon data-data sekolah yang dikirimkan oleh SMK Imelda Medan, dikarenakan banyaknya yang menggunakan jasa Medantalk. Sedangkan untuk media sosial adalah, kurang aktifnya Humas dalam megnelola akun-akun sosial media SMK Swasta Imedal Medan dan permasalahan jaringan yang sering mengalami gangguan atau error, sehingga mengalami hambatan dalam mengelola akun sosial media.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 03:24 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 03:24 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |