Khairul Azizi Siregar, Ridho (2024) Strategi Kepala Madrasah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Man Batu Bara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
![]() |
Text
Cover_Tesis_Ridho-dikompresi.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
Bab_I_Tesis_Ridho.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
Bab_II_Tesis_Ridho_.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
Bab_III_Tesis_Ridho_.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
Bab_IV_Tesis_Ridho_.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
Bab_IV_Tesis_Ridho_.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
Bab_V_Tesis_Ridho_.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
Daftar_Pustaka,_Lampiran_Tesis_Ridho.pdf Download (894kB) |
Abstract
Kurikulum merdeka dirancang untuk menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki karakter unggul dan keterampilan yang relevan dengan tuntutan zaman, sehingga kepala madrasah dalam mengelola perubahan kurikulum tersebut menyusun strategi sebagai perencanaan komprehensif untuk mencapai tujuan, visi dan misi madrasah sesuai standar pendidikan nasional. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis terkait strategi kepala madrasah dalam implementasi Kurikulum Merdeka di MAN Batu Bara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi terhadap kepala madrasah, guru, dan siswa sebagai sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, serta teknik pemeriksaan keabsahan data penelitian menggunakan creadibility, transferability, dependability dan comfirmability Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pemahaman kepala madrasah dan guru tentang Konsep dan Tujuan Kurikulum Merdeka relatif meningkat, yang tercermin dalam implementasi praktik pembelajaran sehari-hari. 2) Langkahlangkah strategis seperti pembentukan tim pengembang kurikulum, pelatihan intensif, dan penyesuaian visi dan misi madrasah menjadi kunci dalam kesuksesan implementasi. 3) Kompetensi penggunaan teknologi yang baik oleh kepala madrasah dan guru telah mendukung efektivitas pengajaran yang berbasis kurikulum merdeka..
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 02:30 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 02:30 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |